Khasiat dan manfaat daun mint untuk kesehatan

Khasiat dan manfaat daun mint untuk kesehatan

 

Manfaat dan khasiat daun mint

Manfaat dan khasiat daun mint

Daun mint adalah sebuah tanaman yang memiliki sensasi dingin serta aroma yang segar. Tanaman ini sangat unik , karena mint memiliki sensasi rasa yang berbeda dengan tanaman lainnya. yang sering dimanfaatkan pada tanaman mint adalah daunnya. Daun MINT ini biasa dijadikan perasa dalam beberapa menu makanan, minuman, hingga permen, atau camilan yang dijualbelikan.

Sensasi dingin dari daun mint akan memberikan rasa nyaman serta membuat nafas menjadi lebih segar bila dimasukkan dalam pasta gigi. Selain itu juga antiseptic dari daun mint merupakan anti bakteri yang alami sehungga daun mint dijadikan bahan obat kumur.

Ia bisa menjadi senjata bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan. Sebab, khasiat daun mint ini bisa membuat organ cerna lebih nyaman. Selain itu, makanan yang mengandung daun mint juga memiliki khasiat yang bisa membantu Anda membersihkan racun dalam tubuh.

Tidak hanya pada makanan, daun mint yang terkandung dalam beberapa produk kecantikan juga berkhasiat untuk menghindarkan kita dari jerawat dan wajah berminyak. Sensasi dingin yang dimilikinya, dapat menjadikan kulit lebih dingin dan terhindar dari iritasi kulit.

Daun mentha atau mint merupakan salah satu genus yang terbagi kedalam 25 spesies. Daun mint ini dapat ditemukan hampir di seluruh dunia. Daun mint merupakan salah satu tanaman yang unik karena memiliki sensasi rasa yang berbeda dari tanaman lainnya. Saat dikunyah, daun mint akan menghasilkan sensasi rasa dingin pada mulut kita, selain itu manfaat daun mint untuk tubuh cukup banyak sekali, karena di dalam daun mint terkandung zat yang baik untuk kesehatan.

Pada penggunaannya, khasiat daun mint adalah sebagai bahan utama maupun penambah rasa pada makanan, minuman, campuran pasta gigi hingga permen. Daun mint adalah rempah-rempah yang cukup popular di dunia ini. Selain itu, daun mint juga sering dimanfaatkan pada produk kosmetik serta obat-obatan, bahkan tak ketinggalan produk rokok juga banyak yang menggunakan sari dan rasa mint.

Manfaat dan khasiat Daun Mint
Kandungan dalam daun mint menjadi bukti bahwa daun mint memiliki manfaat dan khasiat  bagi kesehatan manusia. daun mint terdiri dari air, serat, protein abu serta karbohidrat. Selain itu, daun mint juga mengandung berbagai mineral yang cukup tinggi yakni kalsium, kalium, magnesium, mangan, natrium, tembaga, serta fosfor. Daun mint juga mengandung beberapa vitamin yakni vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin D serta mengandung asam amino yang sangat berlimpah.

Berikut Khasiat dan Manfaat daun mint

  • Menghilangkan minyak pada kulit
    Sejak puluhan tahun yang lalu, daun mint telah dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit yang berminyak. Menthol yang dihasilkan daun mint disebut-sebut mampu mengurangi sekresi minyak yang berasal dari kelenjar sebasea agar kulit terbebas dari minyak.
  • Menghilangkan stres
    Minyak mint termasuk sebuah stimulant, dengan begitu daun mint berguna untuk mengobati depresi dan sakit kepala. Anda dapat menggunakan sabun atau pewangi ruangan yang beraroma mint atau memanfaatkan minyak mint dam dioleskan pada sarung bantal anda. Aroma mint tersebut akan membuat anda lebih rileks dan menenangkan fikiran anda.
  • Menurunkan berat badan
    Daunt mint dapat anda gunakan untuk membantu program diet anda. Dengan mengkonsumsi daun mint yang mengandung mentol, membantu anda dalam melancarkan sirkulasi, meringankan kerja lambung, menghindari mual, mengobati keram serta membantu tubuh membakar lemak.
  • Menyegarkan sistem pernafasan
    Aroma mint yang memiliki sensasi dingin sangat cocok untuk dijadikan dekongestan pada hidung, tenggorokan, bronkus serta paru-paru karena daun mint memiliki aroma yang segar. Daun mint ini dapat membantu mengobati gangguan pernafasan seperti asma dan batuk.
  • Menjaga kesehatan mulut
    Selain beberapa manfaat di atas, daun mint juga memiliki khasiat serta manfaat untuk mulut anda. Daun mint dapat dimanfaatkan untuk merawat kesehatan mulut anda, karena daun mint memiliki sifat anti kuman. Caranya mudah, anda hanya perlu mengunyah daun mint dan berguna untuk melawan pertumbuhan bakteri-bakteri berbahaya yang berada di dalam mulut, gigi serta lidah anda.

    Daun mentha atau sering disebut dengan daun mint selain berfungsi sebagai penambah rasa, ternyata memiliki khasiat serta manfaat bagi kesehatan manusia. pada dasarnya, daun mint memang sudah popular dan digemari masyarakat, baik mengkonsumsi langsung daunnya atau hanya rasa mint yang terdapat di berbagai makanan serta kebutuhan harian lainnya.

Manfaat Daun Mint untuk kesehatan yaitu :

  • Menjaga kesehatan system pencernaan
  • Meredakan nyeri otot
  • Melegahkan pernafasan
  • Menyejukkan tubuh
  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut
  • Meredahkan batuk
  • Mengurangi stress
  • Mengurangi rasa mual
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Meringankan gejala maag
  • Mengurangi bau mulut

Khasiat daun mint untuk diet, khasiat daun mint untuk kecantikan, khasiat daun mint untuk kulit, manfaat daun mint untuk wajah,manfaat daun mint untuk rambut, manfaat daun mint untuk kesehatan,daun mint dan manfaatnya :
Dalam perkembangannya, daun mint memiliki sejumlah khasiat baik untuk kulit ataupun untuk kecantikan . Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut;

1. Anti-inflamasi
Gigitan nyamuk meninggalkan noda kemerahan dan gatal. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggosok kulit menggunakan daun mint untuk mencegah iritasi dan melembutkan permukaan kulit, serta menghilangkan rasa gatal yang mengganggu.

2. Menghilangkan kutu rambut
Rambut berkutu adalah “dosa besar” bagi perempuan dewasa modern, selain memalukan, juga dapat merusak kulit kepala dan menimbulkan bau. Gunakanlah minyak mint untuk menyingkirkan kutu yang “bersarang” pada rambut Anda. Caranya, pulaslah minyak mint pada kulit kepala sembari dipijat, lakukan perawatan ini secara rutin, 3-4 kali seminggu.

3. Mencerahkan bekas jerawat
Salah satu hal yang membuat perempuan jadi rendah diri adalah tebaran bekas jerawat pada bagian wajah. Untuk menghilangkan dan mengembalikan warna cerah pada kulit muka bisa menggunakan jus daun mint. Campurkan oat dengan jus mint, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker. Bila dilakukan dengan rutin, dapat menyamarkan luka bekas jerawat, serta menyingkirkan sel mati yang menyumbat pori-pori.

4. Menghilangkan komedo
Kehadiran komedo pada wajah, tentu sangat mengganggu penampilan. Gunakan daun mint untuk menghilangkannya. Caranya terbilang mudah, Anda harus meletakkan daun mint yang sudah dihaluskan di seluruh bagian wajah yang berkomedo, lalu diamkan selama15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

5. Mengobati jerawat
Sudah mencoba berbagai macam obat, namun jerawat tak kunjung hilang. Campur jus mint dengan air mawar dan gunakan sebagai masker di wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga ersih.

6.Menghilangkan Bekas Luka
Bekas luka yang sangat menggangu penampilan adalah bekas luka yang disebabkan oleh jerawat. Oleh karena itu kebanyakan wanita sangat antusias untuk melakukan berbagai cara membasmi jerawat yang ada pada wajahhnya. Salah satunya dengan menggunakan daun mint caranya cukup mudah campurkan oat dengan daun mint yang dihaluskan, setelah itu oleskan pada bekas luka. Selanjutnya diamkan 15 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih.

7. Menyembuhkan tumit kaki yang pecah – pecah dan kasar akan segera melembut dan kembali terlihat cantik .
yaitu dengan merendam daun mint di air yang mendidih kemudian celupkan kaki Anda didalamnya ketika air masih dalam keadaan air masih hangat.Dalam waktu singkat tumit akan

Baca juga Artikel Berikut

%d bloggers like this: